Dasar,Fungsi dan Tujuan Pendidikan Nasional

Diposting pada
Loading...
Dasar,Fungsi dan Tujuan Pendidikan Nasional      Undang-undang sistem pendidikan nasional nomer 20 thun 2003 BabII pasal 2 menegaskan bahwa pendidikan
nasional berdasarkan pancasila dan undang undang dasar
republik indonesia tahun 1945.Sedangkan dalam bab II pasal 3 disebutkan bahwa pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan
dan membentuk watak serta peredaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa,bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan yang maha esa,berakhlak mulia,sehat,berilmu,cakap,kreatif,mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.
Referensi Aplikasi Guru :

   Merujuk pada tujuan pendidikan nasional di atas,sekurang kurangnya ada empat aspek yang di inginkan dalam.tujuan pendidikan nasional tersebut,yaitu:

  1. Mengembangkan peserta didik untuk menjadi manusia beriman dan bertakwa.hal ini berkeitan dengan agama sebagai core tujuan pendidikan nasional.
  2. Menyiapkan peserta didik untuk memiliki kecakapan dan keterampilan sehingga memiliki kemandirian hidupnya.hal ini berkaitan dengan penguasaan sains dan teknologi.
  3. Mengembangkan peserta didik untuk memiliki kecintaan terhadap negara dengan menjadi warga negara yang baik,cinta tanah air dan kesadaran hukum yg tinggi.hal ini berkaitan dengan tujuan pendidikan nasional menjadi warga negara yg demokratis.
  4. Menyiapkan peserta didik memiliki kesadaran politik yg demokratis.
Dengan kedemikian tujuan pendidikan nasional menjadi indikator keberhasilan sistem pendidikan nasional,yaitu keberhasilan berkembangnya potensi peserta didik dalam keimanan,ketakwaan,ahlak mulia,sehat,derilmu,cakap,kreatif,mandiri,menjadi warga negara yg demokratis,dan bertanggung jawab.
Apabila tujuan pendidikan lebih di dalami,maka tujuan pendidikan akan memiliki 3 ciri saja,yaitu :
    Pertama,badan sehat serta kuat.sehat artinya tidak sakit,jelasnya tidak penyakitan.ini diperlukan agar tenang,produktif,cakap dan kreatif dalam menyelesaikan pekerjaan.
    Dedua,itaknya cerdas serta pandai.cerdas artinya pintar,cirinya :memiliki kemampuan menyelesaikan masalah secara cepat dan tepat dan jarang memerintah atau menyuruh orang lain.ukuran yg biasa di gunakan ialah intelligence quotient (IQ0.dalam konteks pendidikan nasional disebut dengan berilmu.
    Ketiga,lulusan mesti beriman yg kuat.memiliki keimanan yg kuat memberikan kemampuan mengendalikan diri  yg tinggi.banyak orang tidak tenang hidupnya hanya gara gara kurang mampu mengendalikan diri.kemampuan mengendalikan dri menurut goleman di sebut dengan istilah emotional quetient (EQ0 9A.Tafsir,2006 : 80).dalam konteks tujuan pendidikan nasional di sebut dengan beriman dan bertaqwa,dan berakhlak mulia.

Menurut A.tafsir,kerakteristik ketiga tujuan pendidikan tersebut dapan lebih dirinci sebagai berikut:

  1. Lulusan harus berdisiplin tinggi.
  2. Lulusan harus memiliki sifat jujur.
  3. Lulusan harus kreatif.
  4. Lulusan harus ulet.
  5. Lulusan harus berdaya saing tinggi,
  6. Lulusan harus mampu hidup berdampingan dengan orang lain.
  7. Lulusan harus demokratis.
  8. Lulusan harus menghargai waktu.
  9. Lulusan harus memiliki kemampuan pengendalian diri yg tinggi.

Download Aplikasi file Guru

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.